Rabu, 24 Juni 2009

Tips mencari chord music dengan mempelajari diagram lintasan chord.

Mencari chord musik dengan mendengarkan musiknya saja memang bener-bener gampang²-susah, apalagi kalo kita masih bisa di katakan pemula. Kalo telinga kita emang udah di latih mulai dari balita untuk mendengarkan music-musicnya Mozart itu udah beda lagi, kata orang-orang sich gitu. Nah lo, masa mo kembali lagi jadi balita. Cuma gara-gara ingin bisa mendengarkan musicnya aja. Nggak perlu, he1985x. Untuk yang pemula “seperti saya ini”, kita cuma perlu mengenal apa yang dinamakan rumus diagram lintasan akord.

Rumus diagram lintasan chord adalah suatu lintasan chord yang menunjukkan hubungan antara chord yang satu dengan yang lain. Pada umumnya sebuah lagu akan mengikuti lintasan yang ditunjukkan oleh arah panah (lihat diagram lintasan di bawah). Latihlah baik-baik dan yang terpenting rasakan perpindahannya. Rumus diagram lintasan akord di bawah ini dibatasi pada keluarga akord dasar dengan nada G.

Cobalah membuat diagram dengan nada lain, dengan menggunakan gambar rumus akord di bawah. Mengingat rumus diagram lintasan chord ini hanya untuk pemula, sengaja rumus diagram lintasan chord dibawah ini hanya untuk lagu yang mudah-mudah saja.

Semoga membantu, terima kasih.

Copyright By. Topchords Bundel “edisi 16-20” 1978.

Diagram lintasan mayor...




















Diagram lintasan minor...


Tidak ada komentar: